Jumat, 05 Desember 2008

Tidak Adil Diantara Anak

بسم الله الرحمن الرحيم

Oleh: Moch Amier Ma'ruf ZE.

( فاتقوا الله وَاعْدلوا بين أولادكم )
" Bertakwalah kepada Allah SWT dan berlaku adillah diantara anak-anakmu"

Di antara orang tua ada yang sengaja memberikan perlakuan khusus dan istimewa kepada sebagian anaknya, misalnya satu anak dikabulakn berbagai macam permintaannya, sedangkan yang lain tidak demikian.
Menurut pendapat yang kuat tindakan semacam itu hukumnya haram jika tidak ada alasan yang membolehkannya, misalnya anak tersebut memang dalam kondisi yang berbeda dengan anak-anak yang lain Seperti : sedang sakit, dililit banyak hutang sehingga tidak mampu membayar karena tidak mendapat pekerjaan atau memiliki keluar besar, atau sedang menuntut ilmu atau karena ia hafal Al Qur'an sehingga ia diberi hadiah khusus oleh sang ayah. Jika sang ayah memberi anaknya sesuatu dengan sebab yang dibenarkan syari'at, hendaknya ia berniat jika anaknya yang lain dalam kondisi yang sama ia akan memberi pula. Dalilnya secara umum adalah firman Allah swt :

اعْدِلُواْ هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى وَاتَّقُواْ اللّهَ
"Berlaku adillah , karena adil itu lebih dekat kepada taqwa,dan bertaqwalah kepada Allah SWT".(Q.S:Al.Maidah : 8)

Adapun dalilnya secara khusus adalah hadist riwayat Nu'man bin Basyir Radliauhu 'Anhu:
"Suatu hari sang ayah mengajaknya ke Rasulullah SAW sang ayah berkata: sesungguhnya aku telah memberikan kepada putraku ini seorang budak"
Rasulullah saw bertanya: Apakah setiap anakmu juga engkau beri hal yang sama ?"
Ia menjawab: "Tidak"
Rasulullah saw bersabda: "kembalikanlah budak itu" hadist diriwayatkan Bukhari
Dalam riwayat yang lain Rasulullah saw bersabda:
((فاتقوا الله واعدلوا بين أولادكم))
" Bertakwalah kepada Allah swt dan berlaku adillah diantara anak – anakmu." fathul bari

Dalam suatu riwayat disebutkan:
((فلا تشهدني إذن فإني لا أشهد على جور))
"Jika demikian, janganlah engkau menjadikan aku saksi, karena aku tidak memberi kesaksian atas sesuatu kedhaliman." hadist diriwayatkan muslim

Bila kita perhatikan kondisi sebagian keluarga kita akan mendapatkan beberapa orang tua yang tidak takut kepada Allah SWT dalam hal memanjakan sebagian anaknya atas anak-anaknya yang lain dengan berbagai pemberian. Tindakan itu yang kemudian membuat anak saling cemburu, menumbuhkan permusuhan dan kebencian diantara mereka.

Sebagian ayah mengistimewakan anak-anak dari salah seorang istrinya, sedang anak-anak istri yang lain kurang ia pedulikan, misalnya dengan memasukkan anak- anak dari istri yang paling di sayanginya ke sekolah-sekolah favorit sedang anak-anak dari istri yang lain tidak demikian. Padahal akibat tindakan tersebut kelak akan kembali kepada dirinya sendiri, sebab pada umumnya, mereka yang di anak tirikan tidak mau membalas budi kepada orang tuanya
Dalam hal ini Rasulullah saw bersabda:

((أليس يَسُرك أن يكونوا إليك في البر سواء))
"Bukanlah akan menyenangkanmu jika mereka sama-sama berbuat baik kepadamu" hadist diriwayatkan ahmad.

وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم
والحمد لله رب العالمين

Tidak ada komentar: